sipp

Selasa, 30 November 2010

TIPS AMAN UNTUK LAPTOP ANDA



TIPS AMAN UNTUK LAPTOP ANDA



Laptop merupakan barang yang tidak asing lagi di pendengaran kita semua.Laptop merupakan alat elektronik yang memiliki kegunaan yang hamper sama dengan computer,tetapi laptop memiliki bentuk yang lebih simple.laptop  sekarang ini mempunyai berbagai merk atau jenis.Dari banyaknya jenis tersebut yang membuat laptp memiliki cara perawatan tersendiri.
Pada umumnya laptop lebih dikenal dengan bagian bagian yang ada pada benda ini.Bagian tersebut dapat dikatakan sebagai bagian penting dari sebuah laptop.Bagian itu seperti Baterai,Monitor dan Keyboardnya.Bagian utama tersebut memiliki cara tertentu terutama dalam hal perawatan.
1.PADA BAGIAN BATERAI
            a.Jangan biarkan baterai berbenturan dengan benda keras.
            Hal ini dapat membuat sirkuit atau elemen yang ada didalam baterai menjadi cepat panas dan dan elemen di dalamnya menjadi rusak.
            b.Jangan biarkan baterai dalam kondisi lembab atau keadaan basah.
Baterai yang dalam kondisi basah akan membuat sirkuit di dalam baterai bisa terjadi konsleting permanen,lalu dapat menyebabkan kurangnya kinerja dari baterai itu sendiri,lalu dapat menimbulkan karat pada bagian dalam baterai.
c.Gunakan charger yang sesuai dengan kualitas atau mutu yang baik untuk baterai dari laptop itu sendiri

2.PADA BAGIAN MONITOR
            a.Hindari penggunaan sabun pembersih untuk laptop anda.
Sebaiknya pada layar monitor laptop anda hindari pemakaian sabun pembersih,seperti sabun mandi,sabun cuci tangan atau bahkan sabun ditergen.Karena hal ini memungkinkan layar monitor anda akan mengalami baret.Dan sabun tersebut dapat menempel pada monitor,sehingga akan membahayakan layar LCD laptop.Jika layar monitor laptop kotor terkena debu,maka sebaiknya kita cukup menggunakan kain lap yang telah disemprotkan dengan busa pembersih (khusus untuk layar monitor) atau dengan air (kain lap dalam keadaan lembab) .Lalu usap secara perlahan lahan monitor laptop,usahakan bersihkan pada bagian yang banyak terkena noda.Bersihkan hingga noda tersebut hilang.Dan perlu diperhatikan dalam membersihkan layar monitor,seperti halnya kita mengelap kaca mobil,dalam mengelap layar monitor terutama dengan kain sebaiknya dilakukan dengan satu arah pengelapan.Jika dari awal kita membersihkan layar monitor dari kiri ke kanan,maka selanjutnya pun harus dilakukan dari kiri ke kanan.
            b.Hindari pemegangan atau menyentuh monitor dengan jari tangan.   
Perlu diperhatikan pula jika kita menyentuh monitor dengan jari tangan maka noda lemak atau kotoran yang terikut oleh tangan akan menempel pada panel layar monitor laptop yang anda sentuh,yang membuat layar monitor akan kotor.
            c.Pemakaian anti gores atau pelindung kaca monitor
Hal ini juga perlu dilakukan,agar jika kadang-kadang tidak sengaja menyentuh layar monitor dengan sebuah benda yang ujungnya tajam yang dapat membuat layar tergores,maka hal ini dapat dicegah dengan pemasangan anti gores atau pelindung kaca.
           
3.PADA BAGIAN KEYBOARD    
a.Bersihkan keyboard secara benar dan teratur
Membersihkan keyboard secara teratur dapat membuat keyboard akan terjaga kebersihannya.Keyboard pada laptop dapat dibersihkan dengan kain lap yang basah ataupun tissue.
            b.Hindari pemegangan keyboard dengan tangan yang kotor.
Hindari pemakaian keyboard dengan tangan bekas memegang makanan.Jika  sisa makanan masih tersisa di bagian tangan,maka sisa makanan tersebut kemungkinan dapat masuk ke celah-celah kecil yang ada pada keyboard,dan jika ini terjadi dapat membuat sirkuit di dalam keyboard menjadi terganggu.
            c.Jangan menumpahkan cairan di atas keyboard
Hal ini dapat mengakibatkan cairan masuk ke dalam celah-celah keyboard lalu akan membasahi sirkuit atau elemen yang ada di dalam keyboard,sehingga elemen tersebut bisa mengakibatkan konsleting dan tidak dapat berfungsi dengan baik.
            d.Pemakaian karet pelindung untuk keyboard
Pemakaian tersebut baik dilakukan karena untuk menjaga kebersihan keyboard baik dalam keadaan mati maupun dalam keadaan dipakai.Kotoran yang ada ditangan bisa tertahan pada karet pelindung tersebut sehingga tidak masuk ke celah-celah keyboard,yang dapat nantinya dapat mengganngu sirkuit di dalam keyboard.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar