sipp

Sabtu, 26 Maret 2011


Resensi

Resensi berasal dari bahasa Latin, yaitu dari kata revidere atau recensere yang dapat diartikan sebagai cara menilai,memandang dan mempelajari.Tujuan resensi adalah untuk menyampaikan kepada para masyarakat khususnya para pembaca apakah buku atau hasil karya itu,baik untuk didengar,dilihat dan disebarkan kepada umum.Dalam arti lain Resensi buku adalah ulasan sebuah buku yang di dalamnya terdapat data-data buku terlebih pada buku sinopsis,cerita,dan lainnya.
Resensi
juga adalah salah satu bentuk tulisan jurnalistik yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan memberi pertimbangan berupa tanggapan  kepada pembaca mengenai sebuah buku yang baru diterbitkan. antara ringkasan dan ikhtisar berisi penilaian, ringkasan isi buku, pembahasan, atau kritik terhadap buku tersebut. Biasanya resensi tidak mengandung banyak ulasan mengenai sebuah buku,tetapi resensi hanya mengambil inti pokok dari buku sebuah tersebut.

Unsur-unsur resensi adalah sebagai berikut:

1. Membuat judul resensi
2. Menyusun data buku
3.Menyusun kerangka atau struktur
4. Tubuh atau isi pernyataan resensi buku
5. Penutup resensi buku


Tujuan dari Resensi Buku adalah menilai dan mengungkapkan apa yang ada pada buku yang telah dibaca, bisa berguna sebagai masukan bagi penulis dan penerbit juga sebagai pengantar atau rujukan bagi yang ingin membeli buku tersebut.


Langkah Membuat Resensi Buku :

A. Menuliskan sinopsis dari sebuah isi buku yang diceritakan secara singkat,jelas,dan lengkap.Kalimat dalam resensi juga tidak perlu panjang-panjang yang penting lugas dan dapat dimengerti oleh banyak orang.
B. Sesudah sinopsis selesai,resensi yang bertugas untuk melakukan penilaian dan mengungkapkan kelebihan dan kekurangan dalam sebuah isi buku itu.
C. Setelah semua lengkap,maka lebih baik jangan lupa mencantumkan nama penerbit dari buku yang kita ambil sinopsisnya,serta mencantumkan judul buku yang tertera pada buku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar