sipp

Jumat, 17 Desember 2010

WABAH DEMAM BERDARAH


WABAH DEMAM BERDARAH

Wabah demam berdarah adalah suatu wabah penyakit yang sangat berbahaya di Indonesia maupun di dunia. Sebagian besar kasus demam berdarah terjadi di negara yang terletak pada daerah tropis dan subtropis.
Nyamuk Aedes aygypti merupakan pembawa virus dari penyakit demam berdarah itu.Cara penyebarannya adalah seekor nyamuk yang menggigit seseorang yang awalnya telah tertular virus demam berdarah.Nyamuk tersebut menggigit korbannya secara singkat dalam waktu yang cepat tetapi akurat.Virus tersebut menjalar keseluruh tubuh melalui darah.Darah akan membawa virus gigitan tersebut dengan cepat beserta dengan sel darah yang ada di dalam tubuh manusia.
Nyamuk ini mempunyai alur hidup yang berbeda.Pada siang hari nyamuk ini tidur atau tidak menampakkan diri,tetapi jika pada malam hari nyamuk yang terkenal dengan nyamuk pembawa wabah yang amat besar ini,keluar mencari darah berupa gigitannya.Ketika seseorang sedang beristirahat atau sedang tidur,maka mulailah nyamuk ini mencari korbannya.
Kebiasaan dari nyamuk ini adalah dia senang hinggap atau berada di genangan air yang bersih dan di tempat yang banyak pohon seperti di taman atau kebun.

GEJALA DEMAM BERDARAH
Tanda-tanda seseorang terjangkit atau terinfeksi wabah demam berdarah yaitu :

  • ·         Muncul bintik-bintik merah pada kulit
  • ·         Badan terasa pegal atau nyeri.
  • ·         Demam tanpa disertai batuk.
  • ·         Demam tinggi terus menerus.


DBD bukan merupakan penyakit biasa,melainkan penyakit yang dapat menimbulkan kematian,jika kita telat dalam mengantisipasinya.Maka, tindakan pencegahan itu harus benar-benar dilakukan atau diterapkan dengan sungguh-sungguh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar