STRUKTUR PASAR
Struktur pasar merupakan penggolongan pasar berdasarkan
strukturnya. Dibagi kedalam beberapa bagian yaitu:
· Pasar persaingan sempurna: Jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang
banyak dan produk yang dijual bersifat homogen. Persaingan akan terjadi apabila
penjual dan pembeli dalam jumlah besar mengadakan saling hubungan secara aktif
dengan maksud memaksimumkan keuntungan dan kepuasan atas dasar harga-harga yang
ditentukan oleh penawaran dan permintaan.
Contoh produknya
seperti beras,gandum, dan kentang. Pasar persaingan sempurna memiliki
ciri-ciri :
·
Jumlah penjual dan pembeli banyak
·
Barang yang dijual bersifat homogen
·
Penjual bersifat mengambil harga (price taker)
·
Posisi tawar komsumen kuat
·
Sulit memperoleh keuntungan di atas rata-rata
·
Sensitif terhadap perubahan harga
·
Mudah untuk masuk dan keluar dari pasar
· Pasar oligopoli: Pasar di mana
penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah
perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
· Pasar
duopoli: Memiliki karakteristik yang sama dengan oligopoli, namun pada Pasar
duopoli hanya ada dua perusahaan.
· Pasar persaingan monopolistik Bentuk pasar di
mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki
perbedaan dalam beberapa aspek.
· Pasar oligopsoni adalah bentuk
pasar dimana barang yang dihasilkan oleh beberapa perusahaan dan banyak
perusahaan yang bertindak sebagai konsumen.
Dengan kali lain struktur pasar
adalah penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada
ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam
industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peranan iklan
dalam kegiatan industri.
Pada analisa ekonomi dibedakan
menjadi pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna (yang
meliputi monopoli, oligopoli,duopoli, monopolistik dan monopsoni).
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar