sipp

Sabtu, 23 April 2011

KETAHANAN NASIONAL

Ketahanan Nasional adalah sebuah kondisi dari suatu bangsa yang unsur raga dan jiwanya yang berlandaskan cinta tanah air dan mempunyai jiwa membela kesatuan dan persatuan yang kuat demi memperkuat dan memperkokoh serta atas ketangguhan,keuletan dan kemampuan untuk mengembangkan kemampuan dari sebuah kekuatan yang berlandaskan nasionalisme.Terkadang ketahanan nasional mampu menciptakan rasa nasionalisme yang tinggi atas sebuah negara dan bangsa.Nasionalisme yang timbul berdasarkan kemampuan dari masing-masing individu untuk mengembangkan jiwa ketahanan atas wilayahnya.Dari hal itu masyarakat mampu menjadikan sebuah negara menjadi utuh dan terjaga keamanannya dari gangguan fisik maupun non fisik dari dalam maupun luar negeri.

Contoh-contoh atau bentuk-bentuk ancaman-ancaman ketahanan nasional :
1. Ancaman di dalam negeri
Contohnya adalah pergolakan atau pemberontakan atas ketidaksamaan pendapat yang berasal atau terbentuk dari suatu masyarakat terlebih masyarakat Indonesia,seperti demo,tawuran,unjuk rasa dan lain-lain.
2. Ancaman dari luar negeri
Contohnya adalah Intervensi dari sebuah gejolak dari darat, udara dan laut oleh serangan musuh dari luar negeri baik serangan bom,nuklir,rudal,ataupun serangan non fisiknya.

Adapun Ketahanan Nasional memiliki suatu fungsi seperti :
Ketahanan Nasional sebagai kondisi. Perspektif ini melihat ketahanan Nasional sebagai suatu penggambaran atas keadaan yang seharusnya dipenuhi.
Ketahanan Nasional sebagai pendekatan/metode/cara menjalankan suatu kegiatan khususnya pembangunan negara. Dari sebuah pendekatan ini mampu menciptakan sebuah kinerja operasional yang baik antara pemerintah maupun aparat negara.Sebagai suatu pendekatan, ketahanan nasional menggambarkan pendekatan mencerminkan sebuah pemecahan masalah.
Ketahanan Nasional sebagai doktrin.Dalam hal ini doktrin yang dimaksud adalah sebuah upaya mempersamakan sebuah masalah baik itu pendapat.
Ketahanan nasional meliputi :
 Ketahanan Ekonomi atau Ketahanan berlandaskan ekonomi
 Ketahanan pertahanan keamanan
 Ketahanan ideologi atau Ketahanan Pendapat.
 Ketahanan Politik atau Ketahanan Berpolitik.
 Ketahanan Sosial budaya

Sifat-Sifat Ketahanan Nasional :

 DINAMIS : Sikap tidak tetap yang berdasarkan bentuk dan struktur sebuah bangsa.
 WIBAWA : Sikap yang tenang penuh dengan keramahan dan menjalankan sebuah tindakan dengan logika yang baik dan tertata baik.
 MANDIRI : Sikap yang mampu berprinsip dan mengatur sebuah masalah dengan prinsip yang dia miliki.
 BERKONSULTASI DAN KERJASAMA : Sikap yang mampu berorientasi dengan bangsa lain dan menjalani sebuah masalah dengan bersama-sama.

2.1 Beberapa Ancaman Dalam dan Luar Negeri
Ancaman yang terkadang muncul biasanya bersumber ataupun muncul dari berbagai aspek dan bidang.Masing-masing terdiri dari macam permasalahan yang memiliki berbagai pendapat yang berbeda-beda.

2.2 Asas – Asas Ketahanan Nasional
a) . Asas kesejahteraan dan keamanan
b). Asas komprehensif/menyeluruh terpadu
c). Asas kekeluargaan

2.3 Kedudukan dan Fungsi Ketahanan Nasional
Kedudukan dan fungsi ketahanan nasional dapat dijelaskan sebagai berikut :
a). Kedudukan :
Ketahanan nasional merupakan suatu ajaran yang memiliki aspek-aspek kebenaran dari pandangan masyarakat baik itu pandangan politik,ekonomi,sosial,budaya,dan terlebih keamanan.
b). Fungsi :
Ketahanan nasional nasional dalam fungsinya sebagai sebuah acuan atau dikatakan sebagai doktrin bagi masyarakat ataupun bangsa.

2.4 Ketahanan Nasional dan Konsepsi Ketahanan Nasional
Ketahanan nasional adalah kondisi dinamis suatu bangsa yang meliputi segenap kehidupan bangsa nasional yang berjiwa nasionalisme yang tersusun secara rapi dan serta perjuangan mencapai tujuan nasional dapat dijelaskan seperti dibawah ini :
• Integritas
Yaitu kesatuan menyeluruh dalam kehidupan nasional suatu bangsa baik unsur sosial maupun alamiah yang berada pada setiap individu.
• Keuletan
Adalah usaha secara giat dengan kemampuan yang bekerja keras.
• Ketangguhan
Adalah kekuatan yang menyebabkan seseorang dapat membela dan mempertahankan dirinya dari masalah apapun.
• Identitas
Yaitu ciri khas suatu bangsa atau negara dilihat secara keseluruhan.
• Ancaman
Yang dimaksud disini adalah hal/usaha yang bersifat jahat ataupun mengubah bentuk,sifat ataupun sistem orang lain,bangsa maupun negara.
• Hambatan dan gangguan
Adalah hal atau usaha yang bersifat dan bertujuan melemahkan atau menghalangi secara tidak tidak langsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar